Senin, 12 Mei 2014

Saya ingin sedikit menceritakan tentang perusahaan Kimia Farma, baik dalam gambaran umum perusahaanya, salah satu cabang Kimia Farma yaitu Plant Watudakon yaitu tempat pertama kalinya saya magang disana, samapai dengan penggunaan sistem informasi manajemennya.

Kimia Farma

PROFIL PERUSAHAAN KIMIA FARMA
Kimia Farma merupakan perusahaan pelayanan kesehatan utama di Indonesia yang memegang peranan penting dalam membantu kesehatan masyarakat. Kimia Farma merupakan pelopor dalam dunia farmasi di Indonesia. Dalam menjalankan usahanya, Kimia Farma memiliki visi dan misi. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk mengembangkan bisnis kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.
Berikut merupakan visi dan misi Kimia Farma.
Visi Kimia Farma
Komitmen pada peningkatan kualitas kehidupan, kesehatan dan lingkungan
Misi Kimia Farma
·         Mengembangkan industri kimia dan farmasi dengan melakukan penelitian dan pengembangan produk yang inovatif.
·         Mengembangkan bisnis pelayanan kesehatan terpadu (health care provider) yang berbasis jaringan distribusi dan jaringan apotek.
·         Meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) dan mengembangkan sistem informasi perusahaan.
Kimia Farma memiliki komitmen tinggi dalam mengelola perusahaan yang baik sebagai usaha untuk melayani masyarakat dalam bidang kesehatan. Dukungan yang baik dari Riset dan Pengembangan menjadikan perusahaan ini berkeinginan memproduksi obat jadi dan tradisional.
Kimia Farma - Dukungan Pabrik dan Marketing
Sebagai sebuah perusahaan farmasi, Kimia Farma memproduksi obat-obat jadi dan obat tradisional, yodium, kina dan produk-produk turunannya, serta minyak nabati. Untuk mendukung keberlanjutan industrinya, Kimia Farma sendiri memiliki lima pabrik (plant) yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.
·         Plant Jakarta – Kimia Farma merupakan satu-satunya pabrik obat di Indonesia yang memproduksi obat golongan narkotika. Plant Jakarta memproduksi sirup, kaplet, tablet salut, obat tetes mata, antibiotika dan injeksi.
·         Plant Bandung – memproduksi kina dan turunan-turunannya. Selain itu, juga memproduksi pil keluarga berencana. 
·         Plant Semarang – khusus memproduksi minyak jarak, minyak nabati, dan kosmetika.
·         Plant Watukadon yang berada di Jawa Timur merupakan satu-satunya pabrik yang memproduksi yodium.
·         Plant Tanjung Morowa di Medan mengkhususkan untuk memasok kebutuhan obat bagi wilayah Pulau Sumatera.
PT. Kimia Farma Trading and Distribution selalu mengutamakan kepuasan dan kebutuhan pelanggannya. Pengiriman barang selalu dilakukan dengan fasilitas yang sangat baik, yaitu peralatan yang canggih dan efisien. Sistem informasi manajemen juga mendukung operasional pengiriman barang.


KIMIA FARMA BANGUN PABRIK GARAM FARMASI DI JOMBANG
Plant Watudakon, Jombang, Jawa Timur : 
Satu-satunya pabrik pengolah tambang yodium di Indonesia. Telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO-9001 : 2008 dan ISO 14001 serta mendapatkan sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dalam memproduksi bahan baku ferro sulfat sebagai bahan utama pembuatan tablet besi untuk obat penambah darah serta kapsul lunak. Juga memproduksi obat dalam sediaan tablet, tablet salut, salep dan cairan obat luar.
Alamat Pabrik :
Plant Watudakon
Ds. Jombok, Kec. Kesamben, Kab. Jombang
PO BOX 126, Mojokerto 61301
Telp. 0321-397 300-2
Fax. 0321 -397 303
Komitmen Menjalankan I CARE
Nilai-nilai budaya perusahaan "I CARE" (Innovative, Costumer First, Accountability, Responsibility, Eco Friendly), secara konsisten tetap dijalankan, sebagai dasar perusahaan dalam berkarya membangun kesehatan bangsa.

"Pembangunan pabrik yang berlokasi di Watudakon, Jombang, Jawa Timur itu diproyeksikan dapat berproduksi pertengahan tahun 2015," kata Direktur Utama Kimia Farma Rusdi Rosman, usai penandatanganan kerja sama pembangunan dengan PT Garam (Persero) di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa.

Proses Produksi Pada Kimia Farma


PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA KIMIA FARMA, KHUSUSNYA KIMIA FARMA PLANT WATUDAKON JOMBANG
Kimia Farma merupakan pioner dalam industri farmasi Indonesia. Cikal bakal perusahaan dapat dirunut balik ke tahun 1917. Berbekal tradisi industri yang panjang selama lebih dari 187 tahun dan nama yang identik dengan mutu, Kimia Farma telah berkembang menjadi sebuah perusahaan pelayanan kesehatan utama di Indonesia yang kian berkembang dengan pesat dan telah lama menggunakan sistem informasi manajemen dengan baik.
Konsep yang digunakan pada perusahaan Kimia Farma tersebut yaitu dengan sistem informasi manajemen yang berbasis komputer yang secara langsung mendukung aplikasi operasional dan manajerial. Dan merupakan aplikasi pemrosesan informasi dengan berbasis jaringan komputer yang bertujuan untuk menyediakan informasi dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan manajemen. Baik dalam proses produksi pada pabrik Kimia Farma sampai proses akhir yaitu penjualan di apotek – apotek yang tersebar di seluruh Indonesia, tidak lepas dari penggunaan teknologi yang berbasis jaringan komputer, apalagi pada zaman serba internet seperti saat ini (zaman modern).
Salah satu contoh kecilnya sistem informasi manajemen yang digunakan pada Kimia Farma yaitu perusahaan mempunyai website Kimia Farma sendiri dan tidak hanya blog saja dalam memberikan kemudahan dalam pelayanan informasi kepada konsumennya, dalam Kimia Farma Plant bandung sistem informasi penjualan e-pharmacy banyak menyimpan data penting yang bersifat rahasia seperti data transaksi penjualan, data pelanggan, data obat – obatan rahasia dan data user, dalam peng-entry’an data pada Kimia Farma plant watudakon Jombang sebagai salah satu cabang lainnya juga menerapkan sistem informasi manajemen dengan menggunakan jaringan sehingga memudahkan karyawan dalam menyimpan data, mengirim data, mengolah data tersebut dll, sehingga sangat efektif dan efisien.

Sumber :

2 komentar :

  1. mau tanya kak, untuk prosesnya kalau mau magang disini bagaimana?

    BalasHapus
  2. Kak boleh minta kontak hrd kimia faFar?

    BalasHapus